Minggu, 10 Januari 2010

American Green Frog


Katak Hijau (Rana clamitans)
Klasifikasi
Kerajaan : Animalia
Filum : Chordata
Kelas : Amphibia
Ordo : Anura
Suku : Ranidae
Marga : Rana
Spesies : Rana clamitans
Deskripsi umum
Katak Hijau (Rana clamitans) memiliki ukuran yang besar dan berat dengan lipatan kulit yang jelas yang terulur dari mata, sekitar pinggir belakang telinga eksternal (tympanum) ke bahu. Memiliki dua gurat sejajar yang terdapat di punggung. Dan memiliki tympanum dengan warna kuning cerah di tengahnya. Dewasa memiliki panjang lebih dari 100 mm. Dorsal memiliki warna coklat atau coklat zaitun dengan sedikit bercak hitam. Bintik hitam mungkin terlihat pada permukaan dorsal. Gerombolan gelap mungkin terdapat di kaki. Dewasa memiliki pigmen hijau di sebelah kepalanya. Perut dan kakinya memiliki warna putih sampai krem. Betina memiliki coreng dada gelap. Muda menyerupai dewasa. Jantan dewasa memiliki tympanum yang lebih besar daripada matanya, dimana betina memiliki ukuran tympanum yang sama dengan matanya. Jantan dewasa juga memiliki warna kerongkongan yang kuning cerah dan bantalan pada ibu jari.
Reproduksi
Katak hijau berkembangbiak di semi permanen dan permanen air tawar. Jantan memanggil dari wilayah kekuasaan. Suaranya seperti bunyi banjo yang ditarik, Masa kawin dari April dan Agustus.

Jantan menjadi dewasa saat 1 tahun dan betina dalam waktu 2 atau 3 tahun. Jangka waktu hidup rata-rata seekor katak hijau ialah 7 sampai 10 tahun
Telur
Betina menaruh telurnya 1000-5000 di film tipis di permukaan air ke tumbuhan. Telurnya memiliki tipikal area kurang dari 30 cm diameternya. Tiga gelatinous lapisan-lapisan (amplop) melindungi telur (ovum).

Larva
Berudu memiliki tubuh yang oval dengan mata belakang. Memiliki sirip belakang sampai akhir dan ekor yang tajam. Berudu yang paling besar panjangnya 25 mm. Memiliki punggung berwarna hijau olive dengan bintik gelap dipermukaannya. Permukaan perut buram dan krem diwarnai dengan kemilau tembaga. Berudu yang kecil, yaitu lebih kecil dari 25 mm memiliki warna lebih gelap. Berudu mungkin mencapai total panjang sampai 90 mm sebelum bermetamorfosis.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar