Minggu, 23 Oktober 2011

CARA KITA DAPAT MELUKAI ANAK-ANAK

Berikut ini adalah jawaban anak-anak terhadap pernyataan bagaimana orang tua telah melukai mereka, yaitu:

1. Mereka kurang tertarik terhadap hal yang istimewa untuk saya

2. Mengingkari janjinya kepada saya

3. Membiarkan saudara saya melecehkan saya

4. Menghukum saya untuk hal yang telah saya terima hukumannya

5. Menganggap bahwa mereka tidak pernah berbuat salah

6. Kasar ketika menunjukkan kelemahan atau kesalahan yang tidak dapat saya lihat

7. Memberi nasihat terus, sementara saya membutuhkan dukungan

8. Tidak pernah menunjukkan kasig sayangnya kepada saya secara nyata

9. Tidak pernah menghabiskan waktu sendiri bersama saya

10. Tidak pernah mengatakan terima kasih kepada saya

11. Tidak memperlakukan saya sebagai manusia yang berpikir dan berperasaan

12. Terlalu sibuk untuk mendengarkan dan memperdulikan saya

13. Mengabaikan kebutuhan saya, dan menganggap karier dan hibi mereka lebih penting

14. Sering membawa kesalahan-kesalahan masa lalu dalam penyelesaian masalah saat ini

15. Mengolok-olok secara berlebihan

16. Menyukai saya hanya karena fisik atau kemampuan saya

17. Tidak pernah memberikan alas an yang jelas mengapa saya harus disiplin

18. Mereka saling berteriak keras satu sama lain

19. Memberhentikan sesuatu yang saya senang melakukannya tanpa alasan yang jelas

20. Merasakan perbedaan apa yang mereka katakana kepada saya dengan apa yang ada didalam hatinya.

21. Menghukumi dengan keras terhadap apa yang tidak saya lakukan

22. Merasa terganggu ketika saya akan mengatakan sesuatu

23. Menjatuhkan saya di depan banyak orang

24. Membandingkan saya dengan anak lain betapa hebat mereka dengan tujuan agar saya menjadi lebih baik

25. Melihat mereka melakukan hal yang mereka larang untuk saya lakukan

26. Menganggap apa yang saya lakukan adalah hal yang biasa dan tidak berarti

27. Mereka jarang menyentuh/memeluk saya

28. Marah kepada saya karena saya tidak dapat memenuhi agenda atau lebih baik dari kemampuan mereka

29. Mereka mengatakan bahwa sebenarnya mereka tidak menginginkan saya

30. Melihat mereka menghabiskan banyak uang untuk memenuhi keinginannya, tetapi tidak memberikan uang yang cukup untuk memenuhi kebutuhan saya

31. Mereka tidak cukup memberi waktu untuk mengerti hal yang saya coba katakana

32. Mereka tetap meneriaki saya ketika saya telah tahu bahwa saya salah

33. Mereka membuat saya seolah-olah belum mencoba memperbaiki sesuatu, padahal saya telah mencobanya

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar