Senin, 23 Januari 2012

Nutrijell


Komposisi yang terkandung dalam nutrijell, yaitu karagenan, konjac (konyaku), dan glucomannan namun karagenan merupakan komposisi utama pada nutrijell. Karagenan sari lumput laut yang menjadi komposisi utama dari Nutrijell. Rumput laut penghasil Carrageenan ini diibaratkan sebagai tambang emas karena memberi banyak faedah bagi kehidupan kita. Salah satunya, rumput laut kaya akan mineral seperti iodium, seng dan selenium (Nutrijell, 2004).
Karagenan merupakan polisakarida yang linier atau lurus, dan merupakan molekul galaktan dengan unit-unit utamanya adalah galaktosa. Karagenan merupakan getah rumput laut yang diekstraksi dengan air atau larutan alkali dari spesies tertentu dari kelas Rhodophyceae (alga merah). Karagenan merupakan senyawa hidrokoloid yang terdiri dari ester kalium, natrium, magnesium dan kalsium sulfat. Karagenan merupakan molekul besar yang terdiri dari lebih 1.000 residu galaktosa. Oleh karena itu variasinya banyak sekali. Karagenan dibagi atas tiga kelompok utama yaitu : kappa, iota, dan lambda karagenan yang memiliki struktur yang jelas (Banadib dan Khoiruman, 2009).
Karagenan merupakan senyawa polisakarida galaktosa. Senyawa-senyawa polisakarida mudah terhidrolisis dalam larutan yang bersifat asam dan stabil dalam suasana basa. Karagenan banyak digunakan pada sediaan makanan, sediaan farmasi dan kosmetik sebagai bahan pembuat gel, pengental atau penstabil (Nehen dalam Alam, 2011 ).
Karagenan sangat penting peranannya sebagai stabilizer (penstabil), thickener (bahan pengentalan), pembentuk gel, pengemulsi dan lain-lain. Sifat ini banyak dimanfaatkan dalam industri makanan, obat-obatan, kosmetik, tekstil, cat, pasta gigi dan industri lainnya (Winarno dalam Alam, 2011). Selain itu juga berfungsi sebagai penstabil, pensuspensi, pengikat, protective (melindungi kolid), film former (mengikat suatu bahan), syneresis inhibitor (mencengah terjadinya pelepasan air) dan flocculating agent (mengikat bahan-bahan) (Anggadireja, et.al dalam Alam, 2011).

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar