Selasa, 31 Januari 2012

Sabella sp.


Klasifikasi Ilmiah:
Kingdom        : Animalia
Phyllum           : Annelida
Class              : Polychaeta
Subclass        : Sedentaria
Family             : Sabelidae
Genus             : Sabella
Species          : Sabella sp.


Sabella sp. atau biasa disebut cacing kipas/cacing kemoceng. Sabella sp. ini hidup sesil di dalam tabung dan akan masuk dengan cepat kedalam tabung jika merasa terancam. Ciri-ciri umum dari Sabella sp. adalah warnanya bermacam-macam, bahkan menyerupai bulu merak. Umumnya Sabella sp. hidup pada tabung permanen, tidak pernah meninggalkan liang, dan hanya kepalanya saja  yang keluar masuk untuk makan. Tabungnya tersusun dari butir-butir pasir bercampur lendir atau semacam  membran.
Bentuk kepala mengalami modifikasi sesuai dengan fungsinya, yaitu sebagai filter feeder. Dalam beberapa hal kepala berfungsi sebagai alat pertukaran gas, jadi semacan insang. Prostomium biasanya tumbuh menjadi semacam mahkota bunga gebra yang disebut radiole. Radiole tersebut seluruhnya dapat digulung masuk kedalam liang atau selubungnya.
Kepala yang dilengkapi dengan radiole berfungsi untuk menyaring detritus dan plankton. Butir-butir makanan yang melekat pada permukaan radiole mengalir ke mulut melalui jalur cilia.  Butir-butir pasir juga diarahkan kemulut yang yang kemudian di simpan pada storage sacs sampai diperlukan untuk membangun tabung. 

Peredaran darah tertutup dengan dua pembuluh darah, yaitu pembuluh darah dorsal dan pembuluh darah ventral yang sejajar dengan saluran pencernaan. Darah memiliki pigmen pernapasan yang larut dalam polasma. Pigmen darahnya, yaitu Khlorokruorin yang merupakan ciri khas family sabellidae. Darah yang mengandung Khlorokruorin menjadikan darah berwarna hijau .
Reproduksi sabellidae bersifat hemaprodit, biasanya ruas-ruas abdomen anterior menghasilkan telur dan bagian posterior menghasilkan sperma. Namun ada beberapa jenis menghasilkan telur dan sperma pada ruas yang sama.
Manfaat dari family sabelidae ini karena keindahannya berbentuk bunga gebra dengan bermacam-macam warna bahkan seperti burung merak sehingga sering diperdagangkan untuk akuarium laut.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar