Kamis, 12 April 2012

Minggu yang Tidak Produktif

Pernah merasakan gak kalau tiba-tiba dalam waktu sekejab, minggu yang tadinya dijadwalkan akan jadi minggu tersibuk menjadi minggu yang tidak produktif. Yah, semua ini diawali dengan tidak dilaksanakannya ujian yang dijadwalkan hari rabu. Teman-teman selain aku merasa senang dengan tidak jadinya ujian karena mereka merasa belum cukup belajar, tapi lain halnya dengan aku. Aku kesal, bukan karena sudah belajar dengan sungguh-sungguh. Tapi ada perasaan kecewa, karena aku ingin minggu depan tidak memikirkan ujian kembali. Yah, intinya tidak mau memikirkan sesuatu yang harusnya bisa dilakukan sekarang hingga tertunda dan memikirkannya double.
Namun hal itu cuma "pertanda buruk" untuk hal yang tidak produktif lainnya. Pada saat itu, di hari yang sama, aku pun mengetahui bahwa seminar pra penelitianku di cancel. Sedih, kecewa, gundah, lemas, dan perasaan lainnya bercampur aduk. Rasanya mata ini sudah siap mengeluarkan air dengan deras. Namun tentu saja aku tahan, dalam hati aku mengucapkan "ayo tahan, tahan, tahan, gak boleh nangis sekarang, mesti kuat". Entah harus menyalahkan siapa karena tidak ada yang bisa aku salahkan. Dosen pengujiku dari minggu kemarin belum kembali dari Padang dan pada H-1 aku baru tau bahwa beliau masih belum bisa kembali ke Jakarta. Dan dengan terpaksa, seminarku harus di cancel. Padahal aku ingin semua selesai minggu ini, aku ingin bebas di minggu depan, yah seenggaknya aku bisa menghilangkan sedikit bebanku ini. Tapi apa boleh buat, manusia boleh berencana tapi tetap Allah yang menentukan. Dengan langkah gontai aku melangkah, untung disitu ada temanku, kalau dia tidak ada mungkin aku sudah berlari entah kemana.
Dan akhirnya aku pun pulang dengan lesu walaupun tetap diselingi tawa. Tapi tawaku ini bisu dalam hati. Beberapa spekulasi buruk telah aku pikirkan, dan sifat manusiawiku pun terlihat, yaitu menyalahkan, menyalahkan nasibku. Tapi aku tersadar, bagaimanapun ada hikmah di balik semua peristiwa ini. Aku yakin, Allah memang metakdirkan hal ini dan mengingkan hal yang mungkin belum aku pahami. Mungkin setelah peristiwa ini terlewat, aku akan mengerti apa arti semua ini. Tapi yang pasti aku memiliki waktu yang lebih untuk belajar..:)

Ganbarimasu..!!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar